Sunday 6 March 2016

Angkot Story

Sebagai seorang pelajar yang menjomlo selama masa sekolah ini membuat gue jadi gak pernah ada yang nganter pulang, (6 tahun men! Lo bisa bayangin betapa ngenesnya gue) *nyeka air mata* *ada sih kadang tebengan, biar dramatis aja, wkwk*. Dan karena gak ada yang nganter itulah gue harus terpaksa naik angkutan umum 'angkot' karena jarak sekolah sama rumah yang cukup jauh.
Tapi naik angkot gak seburuk itu kok! *disamping suka diturunin di jalan, ditagih karna uang bayaran kurang atau bahkan kembalian yang gak seharusnya*. Selama beberapa tahun gue naik angkot nyatanya banyak kejadian menarik yang gue alami.

Terutama penumpang.

Karena namanya juga angkutan umum tentu banyak orang dari bermacam kalangan yang naik yang karakternya beda-beda. Nah disini gue pengen share dan cerita dikit tentang pengalaman gue bersama penumpang-penumpang angkot yang beragam. Lo bisa cek di bawah ini...

source: google


Anak Ngajak Kenalan
Suatu hari gue harus pergi ke kolam renang buat tes. Karena sekolah gue ga ada kolam renangnya, jadi kita pergi ke kolam renang umum yang jaraknya lumayan jauh dari sekolah. Karena angkot yang gue naiki lumayan kosong, angkot tiba-tiba berenti buat ngangkut sekumpulan anak-anak pengajian (mereka pake baju muslim dan seragam gitu). Angkot jadi sesek banget dah. Tapi gue agak terhibur dengan candaan-candaan 'bocah' mereka. Kaya nge-'cie-cie'-in temennya, saling ledek, dan sebagainya. Gue beberapa kali nahan ketawa. Nah, pas gue mau turun, ada sekitar 5 anak yang liatin gue dan salah satunya bilang: "teh, pengen kenalan." dan temen-temen ceweknya yang lain pada ikutan. Alhasil gue yang bingung cuma bisa nyalamin mereka satu-satu dengan tampang idiot. "Hehe..hehe.." dan gue pun keluar dari angkot dengan keadaan masih bengong. Ini gue secantik itu ya sampe mau pada kenalan?

Anak SMA Kabur
Ini kejadiannya pas gue masih kecil. Buat lo semua yang mau tau trik kabur mereka, sederhana kok. Mereka saling dorong sebelum turun, semuanya duduk deket pintu, dan pas bilang 'kiri', dua orang ini langsung lari-lari kek habis nahan kencing sebulan di angkot,  keluar tanpa bayar. Nyokap gue ngeliatin, Supirnya ngeliatin, gue juga ngeliatin, dan setelah sedikit ngedumel, angkot jalan lagi dengan normal.

Ibu Pengajian
Atau bisa gue sebut 'nenek-nenek' pengajian. Suatu hari gue lagi sendirian dan tiba-tiba angkot berhenti. Naiklah sepasukan ibu-ibu bergamis ke atas angkot gue dengan ribut. Ada yang naiknya lama karna pake selop, atau badannya kegedean, ribet deh. Dan pas angkot udah penuh, ibu-ibu itu keukeuh teriak-teriak ke temen-temennya yang masih diluar:
"HOY, IEU KOSONG KENEH. KADIEU!" (Hey, ini masih kosong. Kesini!"). Dan gue dengan tampang -ebuset-ini-gue-nyempil-sendiri- cuma bisa diem di pojokan angkot.

Ustadz
Ini agak menarik nih. Kejadiannya pas gue masih SMP. Waktu itu hari jum'at dan gue ber-empat sama temen-temen gue di dalem angkot. Tiba-tiba naik seorang bapak dengan janggut lebat dan pake gamis, sama seorang ibu bercadar bawa dua anak. Dia duduk berhadapan sama kita. Lucunya, si bapak tiba-tiba dakwah aja depan kita. Dia cerita kalo dia kaget sama cewek-cewek zaman sekarang yang bajunya minim-minim dan hal-hal islami lainnya. Kita bersyukur banget itu hari jumat soalnya di hari biasa baju kita pendek semua. Dan pas turun dari angkot perbincangan kita tuh kaya: "Subhanallah ya, masih ada orang baik kaya gitu." "Iya, aku tersentuh loh.". Dan besoknya, kita mulai maksiat lagi.

Anak Cowok
Gue paling gangerti kalo se-angkot sama cowok-cowok bocah. Mereka tuh kalo ada anak cewek yang naik pasti saling dorong, kek najis gitu ke cewek. Kalo kita duduk, mereka langsung geser ke tempat yang paling pojok. Maksud gue, helaw! Lo kira kita alien yang kalo kepegang bisa bikin iritasi atau mandul gitu? -_- Jadi buat cowok-cowok yang masih kaya gini, mati aja sono.

Cewek Rumpi
Ini pasti penumpang yang paling sering ditemui. Geng-geng cewek rumpi. Fenomenal banget. Ngomongin guru lah, gosip soal temen mereka yang baru pacaran lah (Eh tau gak? Si A pacaran sama B loh! | Dan semuanya kaya "OHEYAAHH?!"), atau ngomongin gebetan (gue pernah nemu pasangan yang panggilan sayangnya pangeran-permaisuri, dan gue langsung menggelinjang). Fyi, gue termasuk geng ini. Gue pernah ngomongin soal 'bulu hidung kalo di keritingin gimana ya?' dan salah satu penumpang langsung nutup hidungnya. Kalo gak nahan ketawa, pasti bulu hidungnya keriting.

Orang Cacat
Gue gak mau terlalu bahas yang ini sih, tapi ini realita. Mungkin lo juga pernah ngalamin. Pesan gue: kalo ketemu bersikap biasa aja, jangan langsung ngomongin atau ngeliatin terus. Plis.

Ibu Jahat dan Ibu Baik
Ibu yang jahat ke anaknya menurut temen gue masuk ke kategori 'orang yang belum siap nikah'. Ibu-ibu ini biasanya duduk jauhan sama anaknya, kaya gak mengakui. Terus kerjanya marah-marah. Gue suka miris liatin yang kaya gini. Jangan salahin anaknya kalo kelak dia jadi bermasalah.

Kemudian ibu yang baik adalah ibu yang memangku anaknya di paha atau di dudukin di sebelahnya. Terus bilang: "Nak, mau ibu beliin es krim?" klise, tapi seenggaknya lebih baik dari kategori yang pertama. Dan si anak bakal senyum dengan wajah lucu-masa-kecil-bahagia. Ini nih yang bikin seneng. Jadi buat lo calon ibu, berbuat baiklah pada anak-anak kalian kelak. Dimanapun terutama di tempat umum.

Bapak Sangar
Pernah seangkot sama yang ginian? Gue sih suka risih. Kaya bapak-bapak beranting, berjaket kulit (iya, kek penculik gitu), hitam, besar, berkeringat dan judes. Ngeri dah. Maaf. Emang agak jahat. Tapi lo jangan kaya gue ya, jangan liat orang dari penampilan.

Tentara
Pernah gue seangkot sama seorang tentara sekali (seengganya gue pikir dia tentara dilihat dari seragamnya). Dan yang berkesan buat gue adalah.... Dia duduknya ngangkang banget. Ngabisin tiga kursi penumpang, buset dah pak -_- gue sampe sebel liatnya. Maksud gue, ini tuh angkutan umum pak, agak rapet dikit napa. Ah elah si bapak.

Cogan
Cowok ganteng. Hei cewek-cewek yang baca post gue, lo pasti setuju kalo seangkot sama yang ginian tuh bikin males turun. Apalagi kalo dia duduk sebelah kita terus angkot lagi penuh-penuhnya. Terus dia bilang "Eh, maaf ya, keinjek." dan kita jawab "Gak papa kok, hehe." dan kita pun kenalan, minta nomor hp, ketemuan beberapa kali kemudian jadian. "Cintaku Jatuh di Angkot" kemudian jadi FTV. Buset otak gue :'v

Cewe Cantik
Kalo soal yang ini sih... Bikin males. Oke bercanda. Karna gue cewek, hal wajar yang gue pikirkan kalo ketemu cewek macem gini adalah: 'cantik bangeet' sambil terus liatin dari pala sampe kaki. Itu doang sih plus sirik. Atau tiba-tiba pengen jadi cowok dan ngajak kenalan. Lupakan, gue gak LGBT, sumpah :'v. Well, seengganya cewek cantik enak diliat daripada emak-emak pake legging macam tutul, high heels dan lipstik merah dengan gaya rambut ngembang ala orang jaman dulu. Ugh.

Guru dan Alumni Sekolah
Di tempat gue ada mitos, kalo lo seangkot sama guru A, dan cium tangannya pas ketemu, maka lu bakal dibayarin. Asik gak tuh? Yaa, biar cuma berapa ribu kan lumayan, sisanya bisa di beliin cilok. Dan suatu hari gue pernah seangkot sekali sama guru ini. Dalem hati gue udah banyak bacot: "Gue harus cium tangannya biar dibayarin!" tapi sayang takdir tidak memihak gue, gue duduk jauhan sama si ibu dan alhasil jadi susah buat cium tangannya. Sementara tetangga gue udah berhasil. Gue berdecak. Dan BENER AJA si tetangga gue ongkosnya dibayarin...dan gue nggak. Tetangga gue itu langsung menatap gue seolah bilang: "Huahaha, gue yang dapet ongkos gratisnya mbak, GUE! HUWAHAHA!!". Oke, adegan terakhir tidak pernah terjadi, liatin gue aja kagak.

Kemudian ada alumni. Alumni yang gue maksud adalah alumni yang dulunya sekolah di sekolah gue. Gue lagi pulang berempat (masih sama temen-temen yang sama). Kita habis latihan pramuka. Di jalan kita banyak ngobrol dan ketawa-ketawa. Dan gue perhatiin, bapak-bapak di depan kita tuh kaya ngeliatin terus gitu, sambil senyum-senyum. "Cabul" gue pikir (ya maap ;_; bersikap hati-hati sama buruk sangka beda tipis). Dia juga gue tangkep ngelamun sambil senyum. "Gak bener nih orang" pikir gue waktu itu. Sampe pas kita mau nyampe, si bapak ngajak ngobrol. Dia nanya kita sekolah dimana, dan ternyata dia alumni situ. Dan akhirnya gue sadar, dia senyum-senyum gara-gara nginget masa lalu. Dia inget gebetannya dulu. Oke itu bohong. Dan akhirnya dia bilang: "Angkotnya saya bayarin, yaa, itung-itung dari kakak kelas lah." katanya. Kakak kelas dengan wajah om-om sungguh diluar ekspetasi gue, tapi akhirnya dia beneran bayarin. Kita berempat pun turun dengan sukacita. Makasih pak!

Gebetan
Hiyaaaahhh, langsung baper semuanya lo. Pernah gak seangkot sama gebetan? Atau gebetan lo semua pada naik motor? HAHAHA, RASAKAN (kecuali lo suka naik motor bareng dia.. Hmm.. *mojok). Gue pernah beberapa kali ngalamin ini. Dan lu juga tau kali ya, rasanya tuh kek deg-deg-tai gitu. Pengen bisa duduk sebelahan dan mengalami adegan kaya yang di bagian cogan. Ngaku aje. Dan disini juga lu tuh kaya jaim-jaim gitu. Jijik banget deh :v Tapi yang jelas, hal ini pasti bikin seneng. Hahaha... *ketawa hambar*


Oke, sejauh ini itu dulu. Kalo lo ada tambahan cerita lucu, lo bisa share di komentar. Gue pasti baca ;)
Bhay maksimal!!

7 comments:

  1. Nanti kamu nulis juga elf story w/ Pak Asep Eri :3

    ReplyDelete
  2. Story Gue: Seangkot Sama Temennya Ayah

    Sumpah, dunia (re: Cicalengka) sempit. Gue ga ngerti, dari 500-an angkot Cileunyi-Cicalengka, gue bisa seangkot sama si ibu temennya ayah. Gue rada bingung juga, karena selama perjalan gue malah jadi diajak ngobrol ngalor ngidul. PADAHAL GUE NGANTUK BANGET. Plis bu. Mengerti aku :(( Tapi akhirnya, pas si ibu turun di sekitaran Linggar, gue dibayarin dengan indah. Ah, semua ada hikmahnya. Thanks :'*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue lebih suka yang lu di ajak ngobrol sama anak sekolah yang gak lu kenal, yang nanyain temen sekelas lu :V

      Delete
    2. DAN SAMPE SEKARANG GUE GA TAU DIA ITU SIAPA! :'v

      Delete