Sunday 20 March 2016

Dunia yang Jahat, Maling dan CM Locker

Hai guys, gue mau bahas dikit pemikiran gue soal dunia yang begitu jahat.

Dunia? Jahat? Jahat gimana?



Biar gue jelasin sedikit. Hidup lo, hidup gue, hidup kita, sekilas kerasa fine-fine aja. Apalagi pas kita kecil. Yang kita tau cuma maen depan rumah sambil makan es lilin sama cilok (iya, buat gue sih kaya gitu). Lo juga pasti pernah ngerasain hal ini secara gak langsung, bahwa dunia itu jahat. Tapi gue pribadi baru menyadari hal ini saat kelas 9 SMP, itupun gue masih belum begitu ngeh. Ada dua kejadian yang bikin gue mikir dunia itu jahat waktu kelas 9 SMP.

Pertama, kejadian gue pulang malem karena ada kegiatan sekolah dan ada banci galak;
Kedua, saat sore hari gue pulang latihan pramuka dan temen gue diculik.

Lo pernah gak sih mengalami kejadian-kejadian se-sinetron itu?

Buat kasus pertama, jadi ceritanya waktu itu gue ada kegiatan pagelaran, lo bisa lihat kegiatan macem apa itu disini : Pagelaran Gree One. Kegiatan ini mengharuskan gue untuk pulang malem (itu juga cuma sekali sih). Nah, di depan sekolah gue ada sebuah pertigaan, dan di malem itu, dengan indahnya ada dua orang banci yang berdiri di tiap sisi-sisi jalan. Gue sama temen-temen gue yang emang sengaja pulang rame-rame ngeliat ada dua orang itu langsung mundur, karena takut. Kita beberapa kali mundur-maju karena ragu-ragu mau lewat jalan itu apa nggak, mengingat jalan yang satunya adalah jalan lewat pasar dimana jalannya itu gelaaappp banget. Akhirnya karena gak ada pilihan lain, kita memutuskan buat jalan ke pertigaan itu (iya, sambil saling dorong). Akhirnya kita lewat pelan-pelan, semuanya nunduk, tapi ternyata pas kita lewat, banci-banci itu nyalak! (Atau apalah istilahnya). Intinya mereka bilang:

"Hei kalian! Gak sopan ya! Kerudung aja di pake tapi kelakuan kaya gitu! Kita juga manusia tau!" dengan bahasa sunda yang kasar dan ada beberapa kata-kata kasar yang dikeluarin juga. Dan kampretnya, pas gue lewat, tas gue di tarik. Dan dia bilang "Ngapain nunduk-nunduk?" Gue pun mengeluarkan suara meringis yang aneh dan mempercepat langkah gue.

Sejak saat itu, gue takut banci.

Tapi di perjalanan, alhamdulillah kita baik-baik aja.

~

Next. Untuk case yang kedua, adalah kejadian temen gue yang diculik. Ini pengalaman interesting gue lainnya. Wow -_-

Pas SMP kelas 7, gue ikut ekskul pramuka, tapi karena sesuatu hal, gue gak betah dan keluar. Suatu hari pas gue kelas 9, gue dipaksa latihan lagi sama temen-temen gue. Gue sampe nangis karena gamau latihan (iya maafkan ke-alay-an gue). Akhirnya ada satu temen gue yang kasian dan akhirnya gue pulang bareng dia.

Di jalan, kita haus dan pengen beli sesuatu. Akhirnya kita milih buat beli Pop-S di pinggir jalan. Pas lagi nunggu antrian, tiba-tiba ada bapak-bapak gemuk berkulit gelap (sebut saja si kebo) muncul dan bilang gini ke temen gue:

"Eh, neng R****, ini uwa (kakaknya orang tua). Tau nggak?" dan temen gue dengan polosnya menggeleng, dan dia dipaksa cium tangan. Gue yang gatau apa-apa cuma diem.

"Neng tau gak teh Nia mau nikah? Tau teh Nia nggak? Itu tuh yang rumahnya disitu. Masa gatau." dan temen gue kembali menggeleng sambil senyum bingung, mencoba seramah mungkin-ke-om-om-yang-gak-dia-kenal. Sampe akhirnya si kebo ngajak temen gue pergi ke minimarket, dan gue harus ikut. Di situ, si kebo cuma keliling-keliling gak jelas sampe akhirnya bilang ke gue:

"Kamu bantu ya, coba pindahin ini mie ke keranjang seratus, sepuluh rasa-sepuluh rasa." dan gue dengan pemikiran polos gue bahwa gue harus nurut apa kata orang tua, nurut. IYA GUE DENGAN BEGONYA NURUT. Dan gue mulai milih-milih mie-nya sementara temen gue dibawa kabur.

"Neng ikut uwa dulu belanja ke sana ya. Ayo sebentar!"

Gue ditinggal di minimarket sendirian. Hina dan caleuy. Gue ngerti sekarang kenapa si kebo lebih milih temen gue, mungkin karena gue kurang menggairahkan -_- Waktu baru masukin 50 mie, gue mulai gelisah dan nge-sms-in temen gue. Kamu dimana? Kamu dimana ih, aku sendirian! Dan si kampret bilang gini:

"Da, kamu pesen pop-S dulu. Bapa-bapa tadi penculik!"

Lo diculik dan nyuruh gue pesen pop-S?! Iya, itu yang dia kirim ke gue (maaf buka aib de :'v).

Dan sms-sms selanjutnya berbunyi:

"Diem da! Aku mau kabur!"

"Aku gak boleh megang hp!"

Singkat cerita, dia berhasil kabur tapi kalung emas dia ke-jambret. Gue yang panik nelponin temen-temen gue yang rumahnya deket dari daerah itu dan pas mereka datang, gue mulai nangis. Tapi temen gue yang diculik biasa aja -_-

***

Jadi itu dua kasus yang pertama bikin gue ngeh kalo hidup itu emang susah, berat dan jahat. Dikemudian hari saat awal-awal masuk SMA, gue menemukan kasus lagi ada maling yang lari siang-siang di pinggir jalan dan dikejar-kejar warga. Terus juga ada lagi anak-anak yang penampilannya kaya preman suka duduk bergerombol pinggir jalan. Belakangan gue denger, beberapa dari anak-anak yang kebanyakan terlihat seumuran gue itu, ternyata broken home. Kasus dunia yang jahat ini jadi bikin pemikiran gue memanjang. Di dunia ini ada orang-orang jahat, tapi kenapa mereka jadi jahat?

Sebelum gue jawab pertanyaan itu, gue mau menceritakan kasus gue yang kesekian. Ini tentang rumah gue yang kemalingan. Setahun kebelakang gue baru ngebangun rumah baru, letaknya sudut jalan banget, pinggir sawah (yang baru gue tau tempatnya rawan banget). Gue sih mikirnya, "Ah, disini enak banyak angin, mahda seneng diem di sini" tapi pemikiran itu tergantikan sudah -_-

Suatu hari, gue lupa tepatnya kapan tapi waktu itu gue kelas 11. Keadaan sehari-hari gue baik-baik aja. Gak ada masalah apa-apa kecuali masalah gebetan *digampar*. Malemnya, gue mainin netbook merah gue seperti biasa (nonton anime-lah, internetan lah) dan terakhir, gue nyalain itu netbook semaleman buat dengerin lagu.

Gue tidur dan semalam pun berlalu.

Bapak gue bangun subuhnya dan tidur di kursi ruang tamu buat ngadem. Dan dia ngerasa kalo tempatnya agak dingin. Beliau ngintip ke jendela dan ngeliat kalo jendelanya udah kebuka. Lari ke kamar gue dia ngeliat netbook gue udah gak ada. Gue yang denger ada orang masuk langsung bangun, dan setelah bapak gue bicara beberapa kata, gue pun tau, netbook gue ilang. Netbook gue yang isinya foto-foto pribadi dari kecil, foto-foto gebetan, lagu-lagu dan ratusan anime, ilang. Disitu gue menyimpulkan: yang maling netbook gue pasti otaku. Oke skip. Dan netbook gue pun hilang untuk selamanya.

Beberapa hari berikutnya, bahkan berbulan-bulan, gue masih terhantui. Untungnya gue ini nokturnal dan sering banget bangun tengah malem cuma buat internetan atau main game. Beberapa kali gue sering ngedenger kaya ada orang diluar, jalan kaki atau loncat (karena ada semacem pager batu di luar rumah). Dan iya, gara-gara maling itu ketakutan gue pas malem bertambah, selain takut ada hantu yang nongol di jendela, gue juga jadi takut maling. Terima kasih maling. Padahal dulu gue suka diem di luar rumah tengah malem buat observasi bintang, dan gue bahagia-bahagia aja. Kampr*t memang

Suatu hari, ketakutan gue pada maling sedang berkurang, otomatis gue lebih takut sama makhluk yang nongol di jendela. Malem itu ada kaya suara cakaran-cakaran di belakang lemari, gue yang takut lari ke kamar orang tua dan dengan begonya bilang: "Ada kodok di kamar." Bapak gue marah. Gue pun balik dan berusaha gak takut dengan mensugestikan bahwa itu cuma tikus. Gue masak mie instan dan makan di kamar, kemudian main game. Diluar gue ngedenger ada suara orang jalan, gue diem, karena takut dimarahin lagi tentu. Dan akhirnya gue abaikan. Tapi setelah itu, gue ngedenger 'kaya' ada orang yang lagi nyongkel jendela. Gue mulai was-was. Tapi kembali inget bapak, gue bilang dalem hati: "Itu maling? Masa sih maling? Ah, kalo maling terus apa? Laptop ada sama gue, kalo dia masuk gue tinggal teriak." Dan akhirnya suara itu berenti. Diganti sama suara tirai yang dibuka "Ah, paling kucing gue." kemudian suara langkah kaki di dalem rumah. Sial. Gue mulai ngintip di celah pintu kalo-kalo ada orang. Dan gak ada. Tapi suara-suara itu masih ada. Pemikiran gue soal tikus muncul. Jadi gue bilang: "Sssshh.. SSSHHHHH!!!" dengan agak keras. Dan suara itu hilang. Gue main game dengan tenang sampe pagi. Dan iya, gak ada apa-apa. Selanjutnya gue mikir. Ngapain ada tikus di ruang tengah? Kan ada kucing gue disana?

Malemnya, tetangga gue deteng kerumah dan ngobrol sama mama di luar. Gue tiba-tiba dipanggil. Gue keluar dan menemukan ada bekas congkelan baru di jendela.

"Berarti tadi malem ada maling lagi, Da!" kata mama. Gue diem. Kaget. Dan dengan muka-minta-ditonjok gue bilang: "Aku denger, Ma."

***

Selanjutnya adalah kemarin, iya, gue kemalingan untuk yang ketiga kalinya. Tapi kali ini lebih menarik.

Gue tidur agak lebih dini, sekitar jam 8, dengan niat gue mau bangun malem buat belajar. Gue pun tidur. Sebelumnya gue matiin lampu karena hari itu Earth Hour. Pebuatan bodoh.

Kemudian, di tengah gelap, gue bangun tiba-tiba (pernah gak sih lo bangun tia-tiba gitu? Tiba-tiba mata lo kebuka aja, dan gaada ngantuk-ngantuknya? Nah kaya gitu). Gue bangun dan pelan-pelan nengok ke kiri, dimana pintu keluar berada. Disana berdiri sesosok hitam, pendek, pake topi, dan laki-laki. Gue bangun pelan-pelan, setengah sadar dan refleks teriak-teriak. Dia diem sebentar di depan gue sampe akhirnya lari dan keluar lewat jendela samping. Orang tua gue bangun dan langsung minta tolong ke tetangga. Kaki gue gemeter. Baru aja ada orang jahat di kamar gue. LIVE DI DEPAN GUE, dan dia kabur. Gue balik ke kasur, ponsel baru gue dan tablet adik gue udah gak ada, tinggal hp jadul gue dari SMP yang nyisa. Lemes, gue bawa hp itu dan miskol. Suaranya gak ada. Disitu gue tau, ponsel gue raib, hilang gitu aja, padahal belom 3 bulan. Lemes, gue jalan keluar rumah. Disebrang sana, panggilan gue diangkat. TELPON GUE DIANGKAT MEN! Buru-buru gue kasih ke mama, terus di kasih ke anak-anak tarka yang lagi nyari ke sawah. Salah satu anak ngangkat telpon dan lucunya bilang: "Halo? Assalamualaikum?" gue ketawa kecil dengernya, masih gelisah, lo sempet-sempetnya salam yaelah :'v

Dan percakapan berlangsung kaya gini:

"Kamu dimana?"

"Diwarung cina (nama daerahnya). Sini kalo berani!"

"Berapa orang itu?!"

"Bertiga."

"Kalo berani sini sendiri-sendiri!"

"Sendiri-sendiri gimana disana banyak orang gitu." (ini karena ibu-ibu berisik, beneran deh -__-)

Dan berakhir dengan saling nantang dan perang kata-kata kasar. Dan sambungan gak ada lagi. Tapi jam 4 pagi itu maling nelpon, apaan coba -_- tapi dia gak ngomong. Dan pas di telpon, suara tante-tante bernada ceria muncul... "nomor yang anda tuju, sedang tidak aktif." dan gue menghela nafas berat.



Ceritanya belum kelar sampe disitu. Pagi-pagi, gue mulai rungsing mikirin ponsel gue, bbm, line sama foto di galeri yang belum di copy ke laptop. Akhirnya gue nyobain buat buka akun line versi laptop dan install sana sini. Akhirnya gue berakhir di proses verifikasi yang harus buka email. Gue pun sign in di akun gmail gue. Di kotak masuk, di baris pertama ada pesan verifikasi, di baris kedua ada pesan dari CM Locker, aplikasi buat nge-lock layar ponsel. Agak kaget, gue buka pesan itu dan menemukan foto yang ketangkep pas layar ponsel gue mau di bobol (Gue emang pake apl. CM Locker dan layar gue dipasang kunci pola). Kaget, gue panggil orang tua gue dan ngeliatin itu. Mereka bingung kok fotonya bisa ada di situ. Gue pun jelasin kalo aplikasi ponselnya nyambung ke email. Dan orang-orang mulai ribut pada dateng pengen liat.

Cerita gue baru nyampe situ. Gue gak tau kelanjutannya gimana... *mojok

Yang jelas, dari kejadian-kejadian yang gue alami, gue tau kalo ternyata dunia ini Cruel banget. Orang-orang banyak yang hidup susah di luar sana bahkan sampe menghalalkan segala cara buat dapet uang. Tapi ada kasus aneh temen gue. Temen gue lagi ngadain bukber di suatu mall (ini lagi bulan puasa), pas pulang naik motor, tiba-tiba ada orang gila naik motor dari sebrang, mukul pentungan gitu aja ke kepala temen gue sampe bocor. Gila aja, dia apa-apaan coba tiba-tiba main pukul? Lo lagi ToD-an sama temen? -..- (Truth or dare). Dan temen gue langsung dibawa ke rumah sakit malem itu juga. Pikiran gue jadi jamak -_-. Gue juga suka baca berita di BBC, gue liat di luar dunia sana, ada yang negaranya hampir tenggelam, pemerkosaan, perang segala macem, dan kemudian gue liat jahatnya dunia dalam ruang lingkup yang lebih kecil, di rumah gue sendiri. Gue bener-bener jadi takut. Hidup di rumah gue sendiri aja gak aman, gimana di luar sana?

Post gue kali ini cuma mau mengingatkan lo semua aja. Dunia ternyata se-drama itu, se-sinetron itu. Dan perlu kalian ingat, hal-hal di atas gue alami sendiri, dan itu beneran terjadi. Pesan gue yang pertama: pake CM Locker, sumpah, teknologi tuh keren banget. Kedua, hati-hati kalo lagi diluar rumah, jangan mau di ajak orang gak dikenal, yaa, gue tau sih suudzon sama bersikap hati-hati itu beda tipis, tapi utamakan keselamatan lo. Ketiga, buat lo para cewek, rasanya kali ini belajar bela diri itu penting, jadi lo belajar dikit-dikit deh, gue soalnya ngerasa lemah banget waktu ada maling masuk dan gue kecewa sama diri sendiri karena gabisa ngapa-ngapain. Keempat, buat lo yang gak pernah kemalingan, MALING ITU ADA, jadi be careful, simpen barang-barang lo yang apik. Tapi buat kasus gue, se-apik apa pun toh malingnya yang dateng ke rumah, gue ga bisa apa-apa, mungkin emang bukan rejeki gue... *cry*



Well, itu aja dari gue. Gue gak tau apa ada orang yang mau baca post sepanjang ini tapi... makasih buat yang udah mau baca!

 *note: semua gambar dari google

7 comments:

  1. Turut berduka, ternyata senpai-ku memiliki masa lalu yang (agak) lumayan kelam apalagi soal maling :3
    Buat tambahan, selain CM apalah itu ada juga Smart App Lock, teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. well, yang baru itu (masih) bukan masa lalu :'3
      Lupakan, lagi gak bisa pake juga...

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Aku tau ini pedih :''')))
    Jadi pengen share juga tentang maling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share, nanti gue jadi reader :3

      Delete
    2. Ntar udah UN gue tulis deh. Mau fokus dulu :3

      Delete