Thursday 5 May 2016

Sekilas Tentang Princess Disney

 Hai!

Gue mau bahas sepintas soal terjemahan-terjemahan lagu disney yang baru gue update kemarin-kemarin.

Well, kenapa gue suka princess disney?

Semuanya dimulai sejak  gue nonton Frozen, serius. Kekanakan nggak sih kelihatannya? =_=

1. Frozen


Sebenernya sih mulanya biasa aja, cuma kaya: 'Wah, rame nih filmnya'. Tapi semuanya berubah sejak gue mulai nemu video-video frozen di youtube, mulai dari cover lagu versi orang lain sampe drama anak-anak kecil dari luar negeri yang ngikutin itu film. Asik banget, serius, contohnya video satu ini yang sukses bikin gue diabetes:


sekalian behind the scene nya:


Kan imut yaaa *-*) Disini gue hampir aja naksir Hans sebelum tau kalo dia itu brengsek. Dan Kristoff gak terlalu ganteng, jadi... :((

Buat lagu Let It Go, gue tau ini mainstream banget, tapi tetep gue transalate juga akhirnya. Dan buat catatan, gue lebih suka versi Idina Menzel daripada versi Demi Lovato, rasanya lebih original aja :) By the way, karena males sibuk, gue gak masukin lagu di Frozen Fever, sorry :'3

Ah iya, for your info juga, tokoh Elsa disini katanya terinspirasi dari tokoh 'Snow Queen' dari dongeng karangan H.C. Andersen yang diterbitin tanggal 21 Desember 1844 (hayo siapa yang gatau penulis dongeng yang satu ini?) dan dia notabene adalah tokoh yang jahat, bedanya Elsa nggak dibuat jadi jahat disini, mungkin karena ada Anna disisinya (cia cia). Selain Elsa, Ratu Putih dari Film Narnia juga terinspirasi dari tokoh ini lho, soal Snow Queen bisa dibaca disini Wikipedia: The Snow Queen. Buat info lebih menarik tentang Frozen lainnya bisa dibuka di link ini: 10-Kejutan-Yang-Belum-Kita-Tahu-Dari-Film-Frozen

Oke lanjut.
Kemudian kegiatan nge-youtube ini mulai jadi penyakit, dan terus ngerambat ke video-video lain. Sampai akhirnya gue nemu video ini:


Disitu, gue mulai suka nyanyi lagu-lagu disini, terus mulai download masing-masing lagu full-nya.

2. Tangled

Setelah Frozen, gue mulai ngerambat nonton Tangled. Dan film ini pun sukses jadi film favorit gue lainnya. Pertama, ini mengingatkan gue sama film barbie Rapunzel yang pernah gue tonton pas kecil (Ada yang pernah nonton juga? Yang barbie nya suka ngelukis terus miara naga ungu?),  kemudian gue juga selalu mengingat kalimat ini: "Rapunzel, Rapunzel, let down your hair!". Ah, iya dan waktu kelas lima gue pernah di tes story telling dan gue bawain cerita ini, berkesan sekali. Alasan selanjutnya adalah, gue naksir berat sama Eugene, ganteng banget sumpah! Biarpun dia punya jenggot kambing, tapi dia ngingetin gue ke kakak kelas yang gue taksir dulu *eh *EH *skip. Selain itu, suaranya... suaranya seksi sekaleeeee *-*) gue suka banget suaranya! Apalagi pas nyanyi! Beneran deh, mas Zachary Levi keren deh! >w<)

Sejarah Rapunzel sendiri, mulanya ini adalah dongeng yang diciptakan oleh Brothers Grimm (mereka dua orang, jangan tanya gimana cara buat dongeng kalo berdua kaya gitu). Mereka juga yang menerbitkan Snow White, Cinderella sama Hansel & Gretel. Tapi konsep ceritanya sendiri agak beda sama Tangled. Kalo di dongeng aslinya, Rapunzel itu bukan seorang putri (tapi kelak dia emang dinikahi sama seoranag pangeran sih). Dan rambut Rapunzel aslinya nggak 'ajaib' tapi rambutnya yang panjang itu emang beneran. Cerita lengkapnya bisa dibaca disini, agak mengerikan buat jadi dongeng anak-anak kalo buat gue, tapi tetep keren kok Dongeng Rapunzel by Brothers Grimm.

Oke setelah keracunan dua film itu, gue mulai download beberapa film disney jadul. Sekarang gue punya Alice In Wonderland (1951), Peterpan (1953), The Hunchback Of Notre Dame (1996), Mulan (1998), Pocahontas (1995), Tangled (2012), Frozen Fever (2015), Toy Story 4, sama Alice In Wonderland (2010) terakhir Peterpan (2003). Dikit emang, sisanya pada hilang.

skip.

Kemudian, masih gara-gara Youtube, tontonan gue makin ngerambat lagi ke Princess-princess Disney yang lain. Mengingat gue juga suka sama hal-hal yang berbau fairytale, jadi gue seneng-seneng aja streaming (kuata mbak, kuota!!!) Kemudian gue menemukan video ini:



Sampai gue akhirnya gue tertarik buat translate lagu-lagu Princess Disney (sekaligus menuhin blog, nambah viewers, buat project juga)


Oke next, kita bahas satu-satu sisanya:

3. Snow White

Kalo lo udah lihat post gue yang Snow White, lo juga mungkin udah lihat video yang gue cantumkan disana. Dan bisa lo denger, suara Snow White sangat...sangat...sangaaaaatttt.... cempreng. Mungkin itu dianggap keren jaman dulu, mengingat nada tingginya luar biasa sekali -.- Mungkin waktu lo denger pertama kali rasanya kaya: 'Ebuset, siapa sih yang suka lagu ginian?'. Tapi gue gak mementingkan itu man, gue juga lihat liriknya, bagus banget loh! Coba lo cek lagi. Dan ada beberapa versi lagunya yang lebih enak di denger:

Ini versi yang udah di remake sama Disney:


Dan yang ini, ah, denger sendiri deh, INDAH!


For your info, selama ini kita salah mengartikan Snow White sebagai 'Putri Salju'. Yang benar adalah Putri Putih Salju. Catet!
Seperti yang gue paparkan sebelumnya, dongeng ini dibuat oleh Brothers Grimm dan udah banyak banget diadaptasi ke film dengan berbagai cerita yang agak beda dari aslinya. Tapi gue pengen bahas cerita di kasus dongeng disney, Snow White juga punya cerita gelap dibalik cerita aslinya. Kalian bisa baca disini, tapi gue tidak terlalu menganjurkan sih, soalnya serem dan bertolak belakang banget dengan yang kita tau selama ini > Dongeng Asli Grimm Vs. Disney (Konten ini isinya Snow White, Rapunzel, Cinderella sama Sleeping Beauty). Gue bahkan nggak ngerti kenapa cerita anak-anak dibuat sebegininya pas jaman dulu.

4. Cinderella

Princess Disney yang selanjutnya adalah Cinderella. Ini sih udah terkenal banget ya? Tapi entah kenapa di film aslinya yang keluar tahun 1950, si Cinderella ini tekesan songong buat gue. Ini opini aja ya :p mungkin efek dia mantan anak orang kaya(?). Tapi disamping itu, lagunya dia enak dinyanyiin :3


Nama Cinderella sendiri katanya berasal dari bahasa Perancis, Cendrillion yang berarti 'Si Gadis Abu'. Di beberapa versi, Cinderella punya nama asli Ella, terus karena pakaiannya kotor terkena abu (cindera), keluarga tirinya jadi manggil dia Cinder-ella. Namun dalam versi Disney, Cinderella itu nama aslinya.

Kemudian kaya yang lo pada tau kalo Cinderella itu terkenal dengan sepatu kacanya kan? Ternyata itu punya maksud tersendiri. Cinderella gak pake boots atau sneakers atau sendal swallow soalnya sepatu kaca itu mengibaratkan kelembutan hati Cinderella, ini berkaitan dengan kenapa sepatu kaca yang Cinderella nggak pecah pas dia pake. Begitulah kira-kira.

Dan kalo kalian agak teliti, kalian juga bisa menemukan fakta kalo cerita Cinderella hampir punya konsep yang sama kaya Snow White. Sama-sama gak punya orang tua, sama-sama punya ibu tiri dan sama-sama menyembunyikan kecantikan mereka dari luar.

selengkapnya soal fakta CinderellaFakta Mengejutkan Tentang Cinderella  
5. Aurora

Selanjutnya ada Aurora. Gue suka banget sama konsep ceritanya. I know you i walk with you once upon a dream. Seems real for me, AHAHAHA, *baper, habis mimpiin gebetan *EH [2] *skip. Terus Prince Phillip nya juga cakep, kaya anak muda gitu dibanding pangeran lain yang kaya om-om(?). Tapi suara Aurora sendiri bener-bener tante-tante, seriosa gitu. Tapi ngomong-ngomong soal Aurora, gue suka cerita dari Disney-nya dan mengesampingkan fakta bahwa cerita aslinya pas Aurora tidur dia di per*sensor* sama raja dan punya anak pas lagi tidur. Serem emang =_= tapi gak, gue gak ambil versi itu. Ah, satu lagi, lo harus coba denger lagu Once Upon a Dream versi Lana Del Rey, dijamin.. serem :v

6. Ariel

Terus, adaaa Ariel dari Little Mermaid keluaran 1989 (pas Taylor Swift lahir :'). Gue beneran kaget pas translate lagunya dia, puanjang bener itu anak curhatnya -__- (semua lagu yang mereka nyanyiin itu curhat). Apalagi ngeliat lagu-lagu sebelumnya yang cuma dikit. Dan lagi, keselnya, di lirik Part of That World ini, si Ariel banyak nyebutin barang-barang dia yang dikasih nama sendiri dan gaada translatenya, gue sempet bingung gara-gara ini (Whazit, Whozit, apalah itu). Tapi, ngerjain lirik dia tetep fun juga sih, mengingat dia juga Princess favorit gue.

Ada nih lagunya yang dinyanyiin sama Carly Rae Jepsen:



7. Belle

Lanjut, ada Belle dari Beauty And The Beast. Disini gue mulai menyimpang. Rencananya gue cuma mau post lagu yang dinyanyiin langsung sama Princess nya, tapi disini (itu juga alasan gue nggak masukin Merida kesini), di lagu yang pertama si Belle nyanyi dalem hati (it's okay lah ya) lagu kedua, dinyanyiin sama Mrs. Potts, Bu Teko. Soalnya gue suka sama dua lagu ini. Di lagu pertama gue yang baperan ngerasa terharu banget liat si Belle yang tulus, di lagu kedua, gue suka karena lagunya mereka pake buat dansa. Gue selalu memimpikan bisa dansa sama seseorang suatu hari ._. *skip

8. Jasmine

Kemudian ada Jamine. Dan dia nyanyi duet sama Aladdin lagu A Whole New World. Lagu Disney pertama yang gue suka. Itu doang istimewanya, haha. Oke lanjut.

9. Pocahontas

Pocahontas!
Buat lu yang belum tau dan cuma mikir Princess yang cantik itu yang putih dan make Jepuk, pasti lo paling pantang buat milih Princess satu ini. Tapi biar gue kasih tau, dia ini cantik loh. Rambutnya hitam panjang kayak artis iklan sunsil dan dia juga cewek pemberani juga sayang alam, walaupun mungkin tidak rajin menabung. Lagu-lagunya juga punya makna yang bagus. Ah iya, fyi, dia ini sebenernya kelak gak akan jadi istrinya John Smith loh, ternyata Pocahontas ada seri keduanya yang nyeritain kalo John ternyata meninggal :( Dan ini ending pertama yang nyeritain kalo si Princess akhirnya nikah sama orang lain. Syedih~
10. Esmeralda

Terus ada mbak Esmeralda. She's not a princess, cuma gadis gipsi buangan, tapi gue suka sama cewek satu ini. Membela yang lemah, berusaha menyelamatkan kaumnya, cantik (dengan caranya sendiri) daaaaannn, pinter joget. Dia miara kambing yang dia bawa kemana-mana, gak masuk akal ._. Dan ini 'Princess' yang bukan tokoh utama, dan nggak juga 'menikah' sama tokoh utama. Gak tau deh dia jadi apaan disini =_= tapi yang jelas gue suka dia.

11. Mulan

Terus lagi ada Mulan, satu-satunya cewek Asia, berpatisipasi dalam perang. Mengagumkan sekali cewek satu ini. Gue suka banget lirik lagunya yang mencerminkan kita terpaksa (bukan dipaksa) nggak jadi diri sendiri demi kepentingan orang lain. Menyentuh. Tapi toh, ini tetep happy ending.
12. Tiana

Ada Tiana, si putri kodok, gue belum nonton jadi gak akan banyak komentar :p

13. Megara

Last ada si judes Megara. Tapi cewek ini menarik banget, munafiknya itu loh :v Gue terjemahin lagu ini duluan, soalnya suka banget sama liriknya yang sama songongnya kaya yang nyanyiin :p Tapi gak papa kan? Ya gak papa lah *apasih gue



Tambahan video, salah satu youtuber favorit, mbak Connie :D



Sebenernya gue mempertimbangkan buat masukin Merida, Tinkerbell sama Alice, cuma karena mereka gak nyanyi sendiri, jadi gak gue masukin. Maaf buat yang kecewa :) (siape)

Oke, gue tau makin kebawah malah makin garing, maafkan penulis amatiran ini ;w;
Dan siapa yang mau baca artikel ini? Jawabannya: tidak ada! Siapa coba cewek seumuran gue yang suka Princess Disney? :'v *mojok

Tapi biarin, kan cuma share kesukaan doang~

Nah, buat link lengkap lirik-liriknya, gue cantumin di bawah (siapa tau ada orang yang ga suka disney tapi kepo) :3

No comments:

Post a Comment